Skip to content Skip to left sidebar Skip to footer

Manfaat Jahe Merah

Jahe merah disebut juga dengan jahe sunti. Salah satu ciri fisik yang paling ketara dari tanaman rempah satu ini adalah warnanya. Jahe jahe merah atau Zingiber officinale var. rubrum mempunyai kulit rimpang yang berwarna hijau kemerahan dengan bagian dalam yang berwarna merah muda sampai kuning

Jahe merah merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu jahe merah juga dapat mencegah kita dari berbagai penyakit lho, yuk kita simak berbagai manfaat jahe merah untuk kesehatan

Manfaat jahe merah untuk meredakan nyeri otot dan sendi

Ekstrak jahe merah ini ternyata mampu membantu mengurangi gejala nyeri otot dan sendi. Tidak hanya itu saja, bahkan jauh lebih efektif mengurangi peradangan dalam tubuh dibandingkan dengan obat anti-inflamasi non steroid.

Mengobati asam urat

Tanaman herbal ini dapat membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah. Dengan begitu, asam urat yang tinggi dapat berangsur-angsur pulih dan normal kembali.

Mencegah kanker

Kandungan gingerol pada jahe merah dipercaya dapat membantu mencegah kanker dan mengecilkan pertumbuhan tumor pada penyakit kanker usus.

Selain itu, jahe merah juga dipercaya memiliki fungsi anti-inflamasi yang dapat melawan pertumbuhan sel kanker pada rahim. Dengan rutin mengonsumsi air jahe merah dapat membantu mencegah perkembangan kanker rahim.

Meredakan batuk dan sakit tenggorokan

Kandungan flavonoid pada jahe merah memiliki sifat anti-peradangan. Tak hanya untuk meredakan gejala batuk-batuk, jahe merah juga efektif untuk menyembuhkan gejala sakit tenggorokan, terutama radang tenggorokan.

Manfaat jahe merah untuk kesehatan kulit

Tidak hanya memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, ternyata jahe merah memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan kulit, yaitu:

Mengatasi jerawat

Jahe merah mengandung zat antiseptik dan antioksidan yang dapat melawan bakteri dan mencegah efek buruk radikal bebas penyebab timbulnya jerawat. Kamu bisa membuat ramuan masker jahe merah ini di rumah.

Caranya: Haluskan satu ruas jahe ukuran sedang, kemudian campurkan dengan 2 sendok makan madu, lalu dinginkan di dalam kulkas. Jika sudah dingin, kamu bisa mengolesnya pada wajahmu.

Mengontrol minyak di wajah

Ternyata jahe merah dipercaya mampu mengatasi kulit berminyak penyebab munculnya jerawat. Ada ramuan yang dapat kamu buat di rumah untuk dioleskan ke wajah kamu.

Caranya: campurkan 4 sendok makan air jahe merah, satu sendok makan bubuk kayu manis, satu sendok makan bubuk pala, lalu aduk merata. Setelah tercampur semua, oleskan pada wajah. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan yang ada di dalam jahe merah dapat menjaga kulit lebih cantik dan sehat. Tidak hanya itu saja, jahe merah juga dapat menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan kolagen kulit.

Menghilangkan kantung mata

Pastinya masalah yang satu ini banyak dihadapi oleh para wanita. Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi, ternyata jahe merah mampu menghilangkan kantung mata yang menggangu.

Caranya: haluskan jahe merah, lalu peraslah jahe yang sudah halus menjadi cairan.

Setelah itu tuangkan ke dalam cetakan es dan masukkan ke dalam kulkas. Setelah menjadi es padat, gunakanlah sebagai kompres mata secara rutin untuk hasil maksimal.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami adalah admin resmi inforawamangun
👋 beritahu kami apa yang anda butuhkan?