Skip to content Skip to left sidebar Skip to footer

Anda dengan alasan anda

Shalawi Siraje, Dari negara Republic of Uganda. Setiap hari Shalawi Siraje membersihkan lantai Masjid sambil membaca ayat-ayat Quran. Sahabatnya merekam kebiasaan tersebut sehingga video ini menjadi viral dan tersebar di sosial media.

Pekerjaan Shalawi bukanlah di ruangan sejuk dengan kursi  nyaman seperti kita. Cuaca di Afrika Timur bukan mendung dengan angin berhembus sepoi-sepoi. Republic of Uganda pun bukan negara mayoritas muslim layaknya di sini.

Shalawi tidak memiliki semua itu.  bekerja dengan aktivitas berat, pada cuaca luar biasa  panas membakar, dengan kesempatan mempelajari ilmu Quran  terbatas sekali karena muslim hanya di tanah airnya.

Ia tidak perlu melakukannya, karena Shalawi Sirajesudah mengantongi cukup banyak alasan. Namun faktanya, Shalawi mengalahkan semua alasan tersebut. Shalawi Siraje tetap saja melantunkan ayat suci sambil mengepel lantai.

Pernahkah kita membaca ayat-ayat suci di sela-sela pekerjaan? Saat menunggu di ruang tunggu  sejuk, atau dalam perjalanan di atas kendaraan sambil duduk nyaman, atau sekedar sedang mengerjakan aktivitas ringan-ringan saja. Pernahkah?

Sepertinya jarang sekali. Karena kita punya berbagai alasan untuk tidak melakukannya, dan alasan itu berhasil mengalahkan kita.

Sebetulnya bukan alasan penyebab kita mengerjakan sesuatu atau meninggalkan sesuatu. Karena alasan itu datang Dari luar. Penyebab principle sejati adalah diri ini.

Jika diri sendiri memang ingin melakukannya, maka alasan apapun Akan kalah. Namun apabila diri sendiri  tidak ingin, maka alasan  Akan menang. Setiap diri menjadi penanggung jawab atas apa  dikerjakannya sendiri. Setiap diri menjadi saksi atas apa diperbuatnya sendiri.

بَلِ ٱلْإِنسَٰنُ عَلَىٰ نَفْسِهِۦ بَصِيرَةٌ. وَلَوْ أَلْقَىٰ مَعَاذِيرَهُ

“Bahkan manusia itu menjadi saksi atas dirinya sendiri. Meskipun  mengemukakan alasan-alasannya.”

(Surat Al-Qiyamah: 14-15)

Tidak usah mencari-cari saksi  datang Dari luar dan menjadikan hal-hal tersebut sebagai ma’aziroh (alasan). Karena saksi  sejati adalah diri kita sendiri.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami adalah admin resmi inforawamangun
👋 beritahu kami apa yang anda butuhkan?